25 February 2009

CIKAMPEK


Dari pelabuhan Merak, naik bus jurusan Cikampek (lewat tol makanya ngga bisa langsung turun di Karawang). Dari Cikampek naik angkutan kota yang jurusan Karawang.

Rumah merangkap pabrik milik Cek Kong di pinggir jalan raya. Jadi begitu turun dari angkot (angkutan kota) sudah langsung sampai.
Setelah beres-beres bawaan terus ngobrol dan basa-basi. Waktu itu di TV lagi menayangkan serial
A-Team di RCTI. Dalam hati saya berkata,” Enak nih, bisa nonton TV. Acaranya OK lagi.” Tapi ternyata itu semua cuma mimpi.

Pabrik minuman (orson) milik Cek Kong diberi nama Super Limun Bandung. Produksi minuman murah (orson) dan sirup. Tiap hari bangun pagi jam 06.00 WIB ngawasin karyawan yang jumlahnya sekitar 50 orang. Sampai jam 17.00 WIB. Kalau musim panas dan ramai biasanya lembur sampai jam 19.00 WIB setiap hari dari senin sampai minggu. Setelah semua karyawan pulang masih harus mengisi drum dan bak air buat dipakai lagi besok.

Papa cuma beberapa hari disana, setelah itu langsung balik lagi ke LP meninggalkan daku seorang diri. Rasanya mau nangis waktu hari pertama ditinggal papa pulang. Sendirian di kamar, mau tidur ngga bisa. Akhirnya keluar dan ketemu Cek Kong dan ditanyain.”Kenapa belum tidur?”. Saya bilang “belum ngantuk.” Khan malu kalau sampai ketahuan ngga bisa tidur gara-gara ditinggal papa.
Baru beberapa hari di Karawang, saya udah mulai jalan-jalan. Pinjam sepeda sama karyawan di sana, pilih sepedanya yang paling ok. Pernah beberapa kali ikut mobil ngirim orson ke kampung-kampung, tapi akhirnya dilarang sama Cek Kong.

Akhirnya jadi juga kuliah, tapi bukan jadi petani (gara-gara peminatnya kurang). Malah jadi pengusaha (he he...). Ambil jurusan Ekonomi Manajemen di UNSIKA.
Di kampus ketemu dengan teman, kerjanya di Cikampek dan tinggal di kawasan industri PT. Pupuk Kujang Cikampek. Beberapa kali nginap ditempatnya. Bahkan setelah lulus dan saya udah kerja di Jakarta masih sempat ketemu. Trus pernah tidur di stasiun kereta api Cikampek, gara-gara nonton midnight dan pagi-pagi harus kembali lagi ke Jakarta (kerja). Memang ngga enak tidur di stasiun, kursinya ngga empuk. Akhirnya malah bergadang mukulin nyamuk sambil nunggu pagi dan kereta apinya datang.

Sering nonton di Cikampek, pura-pura berangkat kuliah, tapi kabur ke bioskop. Kalau malam tahun baru biasanya diputar 2 film sekaligus. Nonton sampai jam 2 dini hari baru pulang. Pernah satu kali pulang dini hari dan ngga ada ojek. Akhirnya jalan kaki pulang ke komplek Pupuk Kujang. Capek plus ngantuk..

No comments:

Post a Comment