12 March 2009

Mercon



Mercon atau petasan, banyak macam, bentuk, ukuran dan bunyinya. Biasanya yang sering dimainkan jenis yang dibanting seperti dalam film ninja jaman dulu, cuma bedanya yang ini asapnya dikit dan bunyinya juga pelan. Favorit yang lain adalah mercon cabe, kecil tapi suaranya lumayan nyaring. Dan yang terakhir adalah kakaknya mercon cabe, ukurannya sebesar kelingking dewasa, bunyi dan ledakannya dahsyat. Perlu nyali dobel untuk menyalakan ini.

Paling umum, cara menyalakan mercon adalah disulut dengan korek api terus lari secepatnya sambil tutup kuping. Kalau mau praktis dan cepat, tinggal nyalakan aja hio/dupa atau bisa juga dengan obat nyamuk bakar. Pegang pakai sebelah tangan dan tangan yang satunya lagi megang mercon. Tinggal dekatin mercon dengan hio/dupa/obat nyamuk bakar tadi, kalau udah nyala secepatnya dilempar. Hati-hati saat melempar, jangan sampai kena orang. Saya pernah melempar dan jatuh dekat teman yang lagi ngobrol, untungnya mereka cuma ngomel.

Beberapa trik khusus kalau mau merconnya tidak cepat meledak, bisa dengan cara menarik sumbunya agar lebih panjang, tapi jangan sampai copot. Cara kedua adalah tehnik menyalakannya. Usahakan sumbu yang kena api sedikit mungkin supaya menjalarnya lebih lama. Cara kedua ini biasanya kami gunakan untuk buat kaget orang-orang dijalan. Mercon dinyalakan di pinggir jalan, terus ditinggal dan biasanya kalau orang lewat pasti kaget waktu merconnya meledak ( jangan ditiru ya).

Mercon atau petasan bukan cuma buat kagetin orang. Cara mainnya juga bukan sekedar dinyalakan, dilempar dan didengarkan bunyinya.
Ada beberapa cara yang bisa buat mercon lebih hidup dan asyik. Yang pertama untuk mainnya butuh 2 orang dan tambahan alat bantu karet gelang dan sedotan. Caranya, mercon dimasukkan dalam sedotan dan siap untuk ditembakkan, teman yang satunya lagi bertugas untuk menyalakan mercon tadi. Jadinya seperti mercon roket.

Cara yang kedua paling asyik, bisa solo player, tapi lebih asyik kalau rame-rame. Siapkan mercon dan perlengkapannya, terus carilah lapangan rumput yang luas. Kalau bisa lapangan rumput itu bekas didatangi oleh sapi, kerbau, lembu, kuda atau hewan besar sejenisnya. Kenapa begitu???
Karena butuh elemen penting dari hewan-hewan tersebut, yaitu kotorannya.
Tancapkan mercon di atas kotoran tersebut (bayangkan aja kue ulang tahun), cukup 1 biji mercon aja. Setelah itu nyalakan dan larilah sekencang mungkin seakan-akan dikejar setan, selamatkanlah dirimu. Kalau telat dikit aja, maka duniamu akan dipenuhi dengan warna dan bau yang akan menyertai sepanjang hari.

Teman saya pernah kecelakaan, merconnya meledak sebelum dia sempat menyelamatkan diri, akibatnya muka penuh dengan percikan kotoran sapi. Jangan lupa, hati-hatilah selalu, mercon yang meledak bisa bahaya. Saya pernah coba memasukkan ke dalam mulut botol Aqua dan botolnya pecah.
Ya.... Begitulah, permainan yang bisa memacu adrenalin. Bisa ngga ya diusulkan ke Fear factor?? Tapi merconnya dibuat segede tangan biar lebih seru.

No comments:

Post a Comment