25 March 2009

Serbelawan


Ortu dagang di Serbelawan, kota kecil dekat Pematang Siantar.
Karena di LP sepi, saya lebih sering bantu ortu di toko. Bangun jam 6 pagi, buka toko sampai jam 9 malam. Ngga ada hiburan, bahkan ngga ada tv sama sekali. Kalau malam setelah tutup toko, langsung bobo. Satu-satunya hiburan di sana, ya jaga toko. Melayani pembeli, terutama kalau ada yang beli kelapa. Saya suka marut kelapa pakai mesin, meski harus hati-hati. Kalau melamun, bisa kena tangan.

Ohya, becak pulau Sumatera beda dengan yang di Pulau Jawa. Kalau di pulau Jawa pengemudinya di belakang, di Sumatera pengemudinya di samping. Ada yang pakai tenaga kaki, tapi ada juga yang pakai motor. Khususnya di Pematang Siantar, motornya jenis motor gede yang lama. Bunyi knalpotnya khas dan ngebassss....

Seminggu sekali pulang ke rumah di LP. Bawa pulang jagung saru karung buat makanan ayam di rumah. Dulu banyak piaraan di rumah. Ada anjing, ayam, bebek, kelinci, marmut, beberapa jenis ikan hias air tawar dan juga burung. Setelah saya kuliah, ngga ada lagi yang ngurus. Banyak yang dijual atau diberikan ke orang.

Beberapa teman sudah menikah dan punya anak. Tapi untunglah ada juga yang masih jomblo, salah satunya C.Seng. Dia lagi persiapan untuk berangkat kerja ke Taiwan. Makanya lebih sering main dan jalan-jalan. Prinsipnya bersenang-senang dahulu, baru bekerja kemudian.

Malam hari diajak main ke rumah saudaranya C.Seng yang di Pantai Labu. 5 orang berangkat, terus sampai di sana makan. Ngga makan nasi, cuma ada kepiting sekitar 5 kg dan telor ayam sekitar 30 biji. Semuanya direbus. Kepitingnya sih enak dan habis bersih, tapi telurnya sisa banyak. Ngga kuat menghabiskan sebanyak itu, bisa bisulan.

Walaupun ngga sampai 1 bln di LP, rasanya puas. Bisa ketemu teman lama, menikmati makanan dan suasana kampung halaman. Tapi semua itu rasanya berakhir cepat. Liburan sudah mau habis, kuliah segera mulai kembali. Tapi sebelum berangkat ke Karawang, Ortu bilang supaya saya mampir ke Jogya, berkunjung ke tempat adik saya yang cowok. Lumayan, skalian jalan-jalan.

2 comments:

  1. Afu tinggal di serbelawan di mana, sekarang ada di surabaya kah?soalnya saya juga orang serbelawan, sudah lam saya mencari orang serbelawan melalui media ini tapi gak nemu, kalau saya dulu tinggal di serbelawan dilorong 3 parluasan dekat gilingan padi sigemuk, brother di mana

    ReplyDelete
  2. Afu tinggal di serbelawan di mana, sekarang ada di surabaya kah?soalnya saya juga orang serbelawan, sudah lam saya mencari orang serbelawan melalui media ini tapi gak nemu, kalau saya dulu tinggal di serbelawan dilorong 3 parluasan dekat gilingan padi sigemuk, brother di mana

    ReplyDelete