26 March 2009

Ayo Membaca


Saya tadi mereview blog saya. Setelah diamati, diperhatikan, dibaca dan diteliti maka dapatlah kesimpulan. Ceritanya kok semuanya sudah kadaluarsa. Makanya sekarang mau coba posting hal yang baru. Meskipun ngga ada yang namanya baru, baru cuma mengulangi yang lama. Yang baru sekarang akan menjadi lama. Kok malah jadi bingung ya....

Whatever lah.... Biarpun cerita lama yang penting ngga basi. Seperti wine, semakin lama semakin wangi dan mahal.
Bulan ini saya lagi senang ngumpulin buku, semua novel dan komik di data, disusun dan dimasukkan ke komputer. Selain itu juga beli lemari baru. Hunting buku baru dan bekas. Melengkapi koleksi yang sudah ada, juga mencari buku-buku baru yang bagus.
Sampai sekarang masih belum selesai datanya, masih kurang sekitar 1 lemari lagi yang belum sempat dicatat, tapi kebanyakan tinggal bukunya R.L Stine dan komik lepasan serial misteri dan serial cantik. Ini beberapa rincian bukunya, ngga saya tulis judulnya, soalnya nanti kepanjangan.
Agatha christie 36 buku.
Alfred Hitchcock 11 buku.
An Chee Min 3 buku.
Anthony Capella 2 buku.
Chiung Yao 11 buku.
Christopher Paolini 3 buku
Danielle Steel 28 buku.
Enid Blyton 35 buku.
Jack Canfield 2 buku.
James Patterson 5 buku
Jean P.Sasson 3 buku.
Jeffery Deaver 2 buku.
Jim Razzi 2 buku.
J.K.Rowling 7 buku.
Jodi Picoult 2 buku.
John Grisham 4 buku.
Jonathan Stroud 3 buku.
Judy Bluke 2 buku.
Khaled Hosseini 2 buku.
Laura Ingalls Wilder 11 buku.
Mary Higgins Clark 11 buku.
Michael Crichton 9 buku.
Michael Scott 2 buku.
Pearl S.Buck 2 buku
P.B.Kerr 2 buku.
Phyllis Reynolds Naylor 4 buku.
Roderick Gordon & Brian.W 2 buku.
Sandra Brown 1 buku.
Sidney Sheldon 17 buku.
Sophie Kinsella 6 buku.
Stephen King 2 buku.
Stephenie Meyer 5 buku.
Stefan Wolf 2 buku.
Tom Clancy 5 buku.
Trudi Canavan 3 buku.
Wolfgang Ecke 3 buku.
Novel lepas 57 buku.
Novel bahasa Inggris 13 buku.

Waduh........ kepanjangan, sisanya masih ada novel Indonesia lepas dan karangan lainnya seperti S.Mara.GD, Marga.T, V.Lestari, Mira.W, Andrea Hirata dan lainnya. Belum termasuk sekitar 62 judul lebih komik serial yang sudah tamat ataupun masih bersambung. Plus komik lepasan.

Sebagian belum sempat dibaca, makanya saya pasang target baca 1 buku 1 minggu. Ngga termasuk komik, soalnya komik bacanya cepat, paling 30 menit sudah selesai. Biasanya saya baca komik kalau sudah selesai baca satu buku. Untuk selingan sebelum mulai cerita yang baru.

Sudah dari kecil hobby baca. Ortu juga sudah ngerti. Tante saya sampai pernah komentar begini,”kalau sudah baca buku, dunia mau kiamat juga sudah ngga peduli.” Memang susah sih, kalau sudah asyik baca. Apalagi kalau ceritanya bagus, seakan-akan ikut tenggelam dalam cerita.

Dulu, di sebelah rumah ada terima segala macam kertas untuk dibuatkan kantongan dari kertas. Saya suka main kesana, cari buku. Yang paling banyak dapat Bobo, Donald, kadang komik Petruk-Gareng dan H.C Andersen. Pinjam dibawa pulang untuk dibaca. Uang jajan cuma dikit, jadi ngga bisa buat beli buku. SMP dan SMA mulai baca buku-buku karangan Kho Ping Ho, Gan K.L, Khu Lung, Ganes T.H, Abdullah Harahap, Freddy.S, Bastian Tito (Wiro Sableng). Setelah kuliah mulai baca karangan S.Mara GD, V.Lestari, Michael Crichton, Stephen King, John Grisham, Agatha Christie dan Sidney Sheldon.

Sekarang ini tambah enak, banyak buku-buku bagus yang diterjemahkan. Banyak juga pengarang berbakat dengan karyanya yang menarik. Dan beruntunglah sekarang sudah bisa beli dan koleksi, meskipun ngga semuanya. Ada yang cuma pinjam dipersewaan.

Paling enak baca buku sambil tiduran (meskipun katanya bisa merusak mata), baca sambil makan juga enak, suap yang banyak terus baca sambil mengunyah. Tahu-tahu makanannya sudah habis. Baca sambil duduk, berdiri, jongkok, jalan, di mobil, bahkan sambil PUP (he he...). Ya, pokoknya cobalah segala macam variasi membaca.
Buku sepanjang masa, yang sampai sekarang masih sering saya baca adalah komik dan Donald Bebek. Mungkin sampai nanti, sampai sudah punya anak cucu....

1 comment:

  1. senang ngoleksi agatha christie juga ya?
    gue juga suka baca..
    salam kenal ^^

    ReplyDelete