11 May 2009

Rainbow


Tahun 2008 lalu saya pernah pinjam dan baca komik ini. Waktu itu cuma sempat baca yang seri 1 sampai seri 5. Ceritanya memang asyik. Terus lama berhenti, sudah lupa dan ngga pinjam lagi. Sampai kira-kira sebulan yang lalu, pinjam lagi dan akhirnya memutuskan untuk membeli.

Kebetulan bulan lalu ( April 2009 ) sudah keluar sampai seri 10. Makanya langsung beli 10 buku dan mulai baca lagi dari seri 1. Ternyata memang ceritanya bagus, menarik, seru dan mengharukan. Dan kemarin ( 07 Mei 2009 ) saya beli yang seri 11.

Komik karangan Abe George dan Kakizaki Masasumi ini mendapat penghargaan sebagai pemenang Shogakukan Manga Awards ke 51. Ceritanya tentang 7 pemuda yang menghuni sel 6 gedung 2 pada tahun 1950 an. Alur cerita maju-mundur, satu persatu tokoh diceritakan. Mulai dari masa kecil dan mengapa sampai masuk penjara. Cerita terus berlanjut sampai mereka akhirnya bebas dan memulai hidup baru dalam masyarakat. Persahabatan tetap berjalan, tapi masalah masih ada.

Walau alurnya maju-mundur, tapi sama sekali ngga mengurangi ketegangan cerita. Pembaca bisa merasakan emosi yang naik turun. Ohya, selain ceritanya, gambarnya juga bagus dan besar. Ekspresi tokohnya jelas.
Komik Rainbow ini untuk konsumsi 17 tahun ke atas. Banyak adegan kekerasan dan seks. Perkelahian yang sampai berdarah-darah ditunjukkan dengan jelas lewat gambar dan cerita. Adegan seks bukan sekedar tempelan, jadi jangan berpikiran yang negatif dulu. Benar-benar mendukung jalannya cerita.

Judul tiap chapter di komik ini memakai bahasa Inggris, dan itu adalah judul lagu. Pengarangnya suka lagu rock. Memang sih kebanyakan lagu Jepang. Tapi ada juga judul lagu terkenal, seperti di seri 11 ini. Ada lagunya Mr..Big yang judulnya Going To The Wind Blow.

Anda yang sudah dewasa jangan sungkan untuk membaca komik ini, biarkan perasaan dan emosi terbawa hanyut bersama alur cerita, nikmati gambarnya. Bagi yang belum dewasa atau cuma merasa dewasa... bersabarlah. Jalan masih panjang. Lihat sisi positipnya, sambil menunggu menjadi dewasa, komik ini keluar terus kok. Mudah-mudahan aja pas anda sudah dewasa, komiknya sudah keluar dan tamat. Jadi bisa puas bacanya.

No comments:

Post a Comment