07 May 2009

Imigrasi Korea


Dari Thailand masih siang, sampai di Korea sudah sore, sekitar jam 5 sore waktu Korea. Waktu itu bulan Pebruari, udara masih dingin. Salju baru saja mencair. Sebelum turun dari pesawat, semua anggota tour giliran masuk toilet, disuruh dandan yang rapi dan wangi. Supaya kelihatan seperti turis.

Waktu turun dan mau melewati petugas imigrasi Korea, beberapa orang teman dicegat dan ditahan. Saya dan teman lainnya sebenarnya sudah lolos, berhubung merasa senasib sepenanggungan. Kami semua bersama tour guide menyusul teman yang ditahan di kantor imigrasi. Sampai di sana, dikumpulin di satu ruangan. Semua passport diambil, dompet juga diperiksa, uang, atm, kartu kredit.

Dari sekitar 20 orang, ada 6 orang yang dicurigai dan ditolak. Tour guide kami ngotot, bilang kalau kami satu kelompok dan datang untuk tour. Kalau 6 orang ditolak, mendingan semuanya ngga usah masuk Korea. Kebetulan tahun 2002 itu dicanangkan menjadi visit Korea year, menjelang piala dunia. Akhirnya setelah hampir satu jam ditahan di kantor imigrasi, kami semua dibebaskan dan diijinkan masuk Korea. Passport distempel untuk kunjungan selama 30 hari.

Di depan bandara, bus beserta tour guide orang Korea sudah menunggu. Senang rasanya semuanya sukses dan selamat sampai korea. Ngga ada yang dideportasi. Udara di luar lumayan dingin, sekitar 10 derajat celcius. Sebelum ke Hotel, mampir dulu dan makan ayam isi ginseng di salah satu rumah makan. Rasanya sih standar aja, cuma mungkin karena di luar dingin dan baru aja dikagetin di kantor imigrasi, makanya semua makan dengan lahap.
Sampai hotel, semua sibuk beli kartu telpon. Kabari keluarga di Indonesia kalau sudah sukses sampai Korea. Setelah itu baru bisa tidur dengan tenang. Esok kan tiba, waktunya tour keliling Korea.

No comments:

Post a Comment