22 April 2009

The Thirteenth Tale ( Dongeng Ketiga Belas )


Judul : The Thirteenth Tale ( Dongeng Ketiga Belas )
Pengarang : Diane Setterfield
Tebal : 608 halaman
Lama baca : 08/04/2009 s/d 22/04/2009
Nilai : Bagus

Bukunya sih sudah lumayan lama belinya. Cuma baru sempat baca sekarang. Waktu bacanya juga lama (14 hari), bukan karena ceritanya ngga menarik. Tapi kebetulan aja lagi liburan 2 hari. Ditambah lagi banyak komik baru yang muncul waktu itu.

Ceritanya berlapis. Cerita di dalam cerita. Tentang penulis biografi muda yang bernama Margaret Lea, yang tinggal bersama dengan kedua orangtuanya. Ayahnya punya toko buku yang berisi ribuan buku. Dan ayahnya sering membawakan buku-buku kecil, berupa naskah, biografi, autobiografi, memoar, buku harian dan surat-surat yang merupakan kegemaran Margaret.

Dimulai waktu Margaret mendapatkan sepucuk surat dari Vida Winter, penulis cerita yang terkenal. Vida meminta Margaret untuk menulis biografi dirinya, karena merasa tertarik dengan Margaret setelah membaca esai The Fratenal Muse, tulisan tentang kakak beradik Landier, Jules dan Edmond.
Margaret merasa aneh, dan mulai mencari berita tentang Vida Winter. Ternyata beberapa kali Vida selalu menceritakan kisah hidupnya yang berbeda-beda ke setiap penulis. Margaret mulai mencoba membaca buku karangan Vida dan tertarik. Singkat cerita Margaret menemui Vida untuk menulis biografinya, tapi dengan syarat. Dan, ceritapun dimulai darisana.....

Boleh dibilang ini cerita misteri, pembaca diajak untuk ikut berpikir dan menebak kelanjutan cerita. Memilih sendiri mana cerita yang utama dan mana yang cuma sisipan untuk menyesatkan.
Senang juga sih, akhirnya bisa selesai baca buku ini. Mungkin untuk 1 atau 2 hari kedepan akan puasa baca novel dulu. Masih mau meresapi cerita yang menarik ini.

No comments:

Post a Comment